Jumat, 05 Maret 2010

Pemrograman Berorientasi Objek

OBJEK
Objek dalam dunia nyata bisa kita gambarkan sebagai apa yang berwujud nyata seperti mobil, sepeda motor, orang
Baik dalam dunia nyata atau dalam sebuah program, sebuah objek memiliki dua karakteristik, yaitu :
ü state
ü behavior
State adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll.
behaviour adalah kelakuan dari objek tersebut, seperti mobil dapat melaju, membelok, membunyikan klakson, dll
Karakteristik Obyek
Ø Setiap obyek memiliki atribut sebagai status (state).
Ø Setiap obyek memiliki tingkah laku (behavior)
Contoh: obyek sepeda
Memiliki atribut (state) : pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda.
Memiliki tingkah laku (behavior)  : kecepatanya menaik, kecepatannya menurun, perpindahan gigi sepeda.
Penggambaran pemrograman berorientasi obyek = penggambaran pada dunia nyata.
Pada pemrograman berorientasi obyek:
Ø State disimpan pada  variabel
Ø Tingkah laku disimpan pada  method
Apakah Class?
Ø Definisi class: merupakan template untuk membuat obyek.
Ø Definisi class: merupakan prototipe / blue prints yang mendefinisikan variabel – variabel dan method – method secara umum.
Ø Obyek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas.
Ø Proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation.
Ø Obyek disebut juga instances.
Ø Definisi atribut : adalah data yang membedakan antara obyek satu dengan yang lain.
Contoh: VolcanoRobot  A volcanic exploration vehicle, mempunyai atribut sebagai berikut:
Ø Status à exploring, moving, returning home
Ø Speed à in miles per hour
Ø Temperature, in Fahrenheit degrees
Ø Dalam class atribut disebut sebagai variabel
Ø Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class.
Ø Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task.
Contoh: VolcanoRobot
Check current temperature
Begin a survey
Report its current location
Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods
Ø Methods: adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu.
Ø Cara obyek berkomunikasi dengan obyek lain adalah dengan menggunakan method.
Ø Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer .

Mengapa Java?
Multiplatform Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip write once, run every where.
singkatan dari Object Oriented Programming yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis object murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar Object. Hal ini sangat memudahkan programmer untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

Library Kelas Sangat Lengkap [rujukan?], Java terkenal dengan kelengkapan library (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para programmer untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan library ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat library-library baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
Garbage Collection, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga programmer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Dimana Java diaplikasikan?
ü J2ME (Pada perangkat bergerak)
ü J2EE sekarang menjadi JEE (Pada Web based Aplication)
ü Java Card (pada penggunaan Smart Card)
ü Dll...
Mengapa bisa berjalan di berbagai arsitektur perangkat keras
— Java bersifat Neutral Architecture karena:
— Compiler java menghasilkan kode yang netral terhadap seluruh arsitektur mesin komputer yang sering disebut sebagai Java bytecode
— Aplikasi pada komputer umumnya adalah native code yang berarti sangat disesuaikan dengan arsitektur mesin
— Java Virtual Machine (JVM) yang akan menginterpretasikan kode-kode bytecode kedalam native code mesin tersebut

— Pada konsep diatas kita dapat membuat banyak variabel dengan tipe titik akan tetapi dalam tipe titik tersebut kita tidak dapat menambahkan suatu fungi atau prosedur untuk melakukan modifikasi titik
— Variabel koordinat tidak bisa menyimpan fungsi atau prosedur untuk melakukan modifikasi terhadap data yang di simpannya

Contoh: class, object, attributtes, dan behavior

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More